UNDIP, 16 Mei 2023 – Departemen Teknik Kimia Universitas Diponegoro (UNDIP) merayakan acara Halal bi Halal yang diadakan pada hari Selasa, 16 Mei 2023, di Kampus Departemen Teknik Kimia UNDIP Tembalang. Acara ini dihadiri oleh berbagai pihak, termasuk Dosen Teknik Kimia, Tenaga Kependidikan Teknik Kimia, Paguyuban Ibu-Ibu Teknik Kimia, Pensiunan Dosen dan Tenaga Kependidikan Teknik Kimia, serta Perwakilan HMTK.

Acara dimulai dengan pembacaan Alquran dan dilanjutkan dengan sambutan ketua Departemen, Tausyiah dari Ustadz, serta sesi Ramah Tamah. Dalam sambutannya, Prof. Dr. Ing. Suherman, ST, MT, selaku Ketua Departemen, menyampaikan rasa syukur atas beberapa pencapaian penting yang menjadi alasan diadakannya acara ini.

Pertama, Departemen merayakan akreditasi unggul yang diraih oleh Prodi S3 Teknik Kimia, berlaku dari tanggal 15 November 2022 hingga 15 November 2027. Pencapaian ini menjadi bukti komitmen Departemen dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di tingkat pascasarjana.

Kedua, Prodi S1 Teknik Kimia berhasil meraih akreditasi internasional IABEE, yang berlaku mulai tanggal 22 Februari 2023. Selain itu, prodi ini juga meraih akreditasi unggul yang berlaku dari tanggal 1 April 2023 hingga 31 Maret 2028. Keberhasilan ini menunjukkan upaya Departemen dalam menjaga standar pendidikan yang tinggi dan relevan secara internasional.

Selanjutnya, acara Halal bi Halal juga menjadi kesempatan untuk merayakan keberhasilan penyelenggaraan Hibah Dana PKKM (Program Kompetisi Kampus Merdeka) Teknik Kimia tahun 2022. Proses yang sukses ini memberikan dampak positif dalam mendorong pengembangan penelitian dan inovasi di Departemen.

Tak lupa, Prof. Suherman juga menyampaikan apresiasi kepada Prodi S1 Teknik Kimia yang berhasil meraih peringkat ketiga dalam Lomba Peringkat Sinta tahun 2022. Prestasi ini adalah hasil kerja keras dan dedikasi tim yang terlibat dalam meningkatkan kualitas publikasi ilmiah.

Dalam sambutannya, Prof. Suherman juga memaparkan tiga pilar utama kebijakan Departemen dalam mencapai kesuksesan. Pertama, peningkatan kesehatan seluruh warga Departemen dilakukan melalui upaya keselamatan dan kesehatan kerja (K3), seperti menjaga kebersihan ruangan kerja, meminimalkan kecelakaan kerja, dan memberikan kenyamanan bagi semua anggota Departemen. Selain itu, dalam memberikan tugas, pertimbangan usia juga menjadi faktor penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja staf yang lebih senior.

Kedua, budaya kerja saling mendukung menjadi pilar utama lainnya. Departemen Teknik Kimia UNDIP memiliki sejumlah dosen dengan jabatan guru besar, serta memberikan tugas tambahan kepada dosen-dosen yang memiliki kompetensi di berbagai bidang. Saat ini jumlah Dosen berjumlah 34 orang, dengan jabatan fungsional sebanyak 25 orang (74%). Hal ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas dan kompetensi staf akademik. Tidak hanya itu, Departemen juga mendorong pegawai yang memiliki jabatan fungsional untuk terus meningkatkan pangkat dan sertifikat kompetensi yang relevan.

Pilar ketiga adalah kesejahteraan. Sebagaimana disampaikan Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, S.H., M.Hum, bahwa kesejahteraan pegawai Undip merupakan salah satu yang menjadi perhatian utama Undip. Hal ini, juga dijalankan di Departemen Teknik Kimia UNDIP dengan memberikan dukungan dan izin kepada staf yang mendapatkan panggilan sebagai narasumber, asesor, peneliti, dan pembicara dalam berbagai kegiatan akademik dan profesional. Upaya ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi dan kesejahteraan pegawai, tanpa melupakan tugas utama dalam mengajar dan membimbing mahasiswa.

Dalam akhir sambutannya, Prof. Suherman menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan dukungan, bantuan, dan kerjasama dalam meraih berbagai pencapaian tersebut. Ia juga memohon maaf jika ada kesalahan atau ketidaksesuaian dalam pelayanan yang diberikan oleh Departemen kepada semua hadirin.

Adapun isi tausyiah dari Ustadz antara lain berisikan (1) pentingnya untuk tidak mudah menyalahkan orang lain hanya karena perbedaan pendapat dengan menggunakan istilah “ingkar sunnah”. Sebagai individu yang bijak, penting bagi kita untuk menghormati perbedaan pendapat dan tidak mudah menyalahkan orang lain. (2) Perayaan Idul Fitri merupakan momen yang membawa kegembiraan, di mana kita merayakan kemenangan setelah menjalani bulan Ramadhan yang penuh dengan puasa. Perayaan ini merupakan waktu untuk berbagi kebahagiaan dengan sesama. (3) Pentingnya anak untuk terus berbakti kepada kedua orang tua. Anak harus menjaga hubungan yang baik dengan orang tua dan memberikan penghormatan serta perhatian kepada mereka.

Acara Halal bi Halal ini diharapkan dapat menjalin silaturahmi dan mempererat tali persaudaraan antaranggota Departemen. Semoga momen ini memberikan kebahagiaan, kebersamaan, dan keberkahan bagi semua yang hadir. Departemen Teknik Kimia UNDIP tetap berkomitmen untuk menjadi departemen terbaik di Fakultas Teknik UNDIP setiap tahunnya.