Semarang, 8 September 2023 – Dalam sebuah pengumuman resmi yang dirilis oleh Tim Penjaminan Mutu Fakultas (TPMF) Fakultas Teknik Universitas Diponegoro, Departemen Teknik Kimia sekali lagi menerima penghargaan sebagai Departemen Terbaik-1 di Fakultas Teknik untuk tahun 2023. Penghargaan prestisius ini diberikan setelah melalui serangkaian audit dan penilaian ketat serta hasil dari Rapat Tim Manajemen Fakultas Teknik yang berlangsung pada Hari Jumat, 8 September 2023, di Dekanat Fakultas Teknik.

Penobatan Departemen Teknik Kimia sebagai Departemen Terbaik-1 didasarkan pada tiga prestasi utama yang telah berhasil diraih oleh departemen ini. Prestasi-prestasi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Departemen Teresponsif

Departemen Teknik Kimia telah menunjukkan ketanggapannya yang luar biasa dalam mengumpulkan Action Plan. Kecepatan dan ketepatan tindakan dari departemen ini membuatnya menjadi yang terdepan dalam hal responsif terhadap tuntutan mutu.

  1. Program Studi Doktor Terbaik ke-1

Program Studi Doktor Teknik Kimia di bawah naungan Departemen Teknik Kimia meraih peringkat teratas sebagai Program Studi Doktor Terbaik-1 dalam kegiatan audit Manajemen Mutu. Hal ini menunjukkan komitmen yang kuat dalam pengembangan dan peningkatan kualitas pendidikan tingkat doktor.

  1. Program Studi Magister dan Profesi Terbaik ke-2

Program Studi Magister Teknik Kimia yang juga terkait dengan Departemen Teknik Kimia berhasil meraih peringkat kedua sebagai Program Studi Magister dan Profesi Terbaik-2 dalam kegiatan audit Manajemen Mutu. Ini menandakan pencapaian yang signifikan dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan di tingkat magister.

Dalam rangkaian penghargaan ini, Departemen Teknik Kimia ingin mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua Civitas Akademika Departemen Teknik Kimia, termasuk Bapak Ibu Dosen, Tenaga Kependidikan, dan Mahasiswa Teknik Kimia yang telah berkontribusi dalam mencapai prestasi ini. Selain itu, penghargaan khusus juga disampaikan kepada Tim Penyusun Laporan Mutu yang telah bekerja keras untuk mencapai pencapaian ini. Tim ini terdiri dari individu-individu berikut:

 

  1. Dr. Ing. Ir. Suherman, ST, MT (Ketua Departemen)
  2. Ir. Nita Aryanti, S.T., M.T., Ph.D., IPM (Ketua Podi S1)
  3. Ir. Didi Dwi A, M.Eng,Ph.D (Ketua Podi S2)
  4. Tutuk Djoko K,ST,M.Eng, Ph.D (Ketua Podi S3)
  5. Dr.Ing. Ir. Silviana, S.T., M.T., IPM., ASEAN Eng. (Sekretaris Prodi S1)
  6. Dr. Ir. Luqman Buchori, S.T., M.T., IPM. (Ketua GPM)
  7. Dyah Hesti Wardhani,ST,MT,Ph.D (Anggota GPM)
  8. Dr. Aji Prasetyaningrum,ST,Msi (Koord. Lab. Keahlian)
  9. Dr. Aprilina Purbasari,ST,MT (Koord. Lab. Dasar)
  10. Dessy Aryanti,ST,MT (Koord. Safety)
  11. Andri Cahyo Kumoro,ST,MT,Ph.D (Dosen BKM 1)
  12. Noer Abyor Handayani,ST,MT (Dosen BKM 2)

Departemen Teknik Kimia berharap bahwa prestasi ini akan menjadi amal baik dalam ibadah semua pihak dan mendapatkan Ridho-Nya. Lebih dari itu, mereka berkomitmen untuk terus mempertahankan dan meningkatkan prestasi ini ke depannya. Semoga prestasi ini menjadi inspirasi bagi seluruh Civitas Akademika Universitas Diponegoro untuk terus berusaha dan berprestasi. Aamin YRA.