Reynold Valentino Silvester turut berbangga hati saat menjadi wisudawan UNDIP periode 174 pada 23 April lalu, ia berhasil lulus menyandang predikat Cumlaude peroleh IPK 3,80 dengan lama masa studi 3 tahun 6 bulan 14 hari.

Reynold merupakan lulusan dari Departemen Teknik Kimia Fakultas Teknik Universitas Diponegoro (UNDIP), sebelumnya ia dinyatakan lolos ujian masuk UNDIP melalui jalur Ujian Mandiri (UM) dengan bantuan beasiswa Kartu Indonesia Pintar Kuliah (KIP-K).

Menurutnya, UNDIP menyediakan wadah dan kebebasan untuk berkarya. Bahkan pihak Universitas dan Fakultas memberikan apresiasi serta reward untuk mahasiswa yang berprestasi. Inilah yang memacu dirinya untuk berani mengembangkan minat di bidang riset hingga memberanikan diri dalam berkompetisi.

Sederet capaian prestasi yang telah diraih oleh Reynold yakni Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “Industrial Engineering Festival” 2023; Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “Art and Science Youth Competition” 2023; Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “Kompetisi Karya Tulis Mahasiswa dan Siswa Nasional V(KRISNA V)” 2023; Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “Pekan Riset Ilmiah Mahasiswa (PRISMA 11)” 2023; Penerima Insentif 2 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Artikel Ilmiah dan Lolos pendanaan 2 Proposal Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2023; Juara 2 Mahasiswa Berprestasi Departemen Teknik Kimia 2023; Juara 1 Lomba Paper Nasional oleh Poltekkes Kemenkes Yogyakarta 2023; Silver Medal Global Youth Invention Innovation Fair 2023.

Hingga meraih Gold Medal Indonesia International Applied Science Project Olympiad 2022; Juara 5 Bukit Asam Innovation Award (BAIA) Greenovator 2022; Juara 1 Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional “FISIKA EXPO” 2022; Juara 3 Lomba Kreativitas dan Inovasi Masyarakat (KRENOVA) Kota Semarang 2022; Penerima Insentif Program Kreativitas Mahasiswa Artikel Ilmiah 2022; Gold Medal Youth International Science Fair 2022; Juara 1 School of Research Teknik Kimia Universitas Diponegoro 2021 dan Lolos pendanaan Program Kreativitas Mahasiswa Riset Eksakta 2021.

Pengalamannya dalam bidang akademik membuatnya banyak bersyukur bahwa di UNDIP khususnya di Departemen Teknik Kimia memberikan pelayanan yang terbaik dalam penyampaian mata kuliah dengan didukung dosen yang berkualitas. “Saya juga sangat senang sekaligus bersyukur UNDIP menyediakan fasilitas yang menjadi penunjang mahasiswa dalam beraktivitas seperti adanya bus kampus, program food truck, dan fasilitas penunjang seperti taman, jogging track, perpustakaan, dan fasilitas penunjang lainnya” jelas Reynold.

Selama kuliah dirinya mengikuti beragam organisasi diantaranya Society of Renewable Energy Universitas Diponegoro sebagai Wakil Kepala Departemen Finance 2022-2023; Oikumene Teknik Kimia Universitas Diponegoro sebagai Ketua Bidang Hubungan Masyarakat 2022-2023, Lembaga Pers Mahasiswa KINETIKA Universitas Diponegoro sebagai Crew Bidang Perusahaan tahun 2021-2023; Pelayanan Rohani Mahasiswa Katolik Fakultas Teknik Universitas Diponegoro sebagai Staff Unit Penelitian dan Pengembangan tahun 2021-2022, dan Himpunan Mahasiswa Teknik Kimia Universitas Diponegoro sebagai Staff Bidang Riset dan Teknologi pada tahun 2021-2022) dan kepanitiaan (Sekretaris Chemical Engineering Fair and Competition (CREATION) 2021).

Termasuk mengikuti perlombaan/ kompetisi Karya Tulis Ilmiah bahkan menjadi asisten Laboratorium di Laboratorium Dasar Teknik Kimia II selama semester genap, dan menjadi asisten salah satu dosen Teknik Kimia. “Selain itu, saya juga mengambil magang Matching Fund Kedaireka pada bulan Agustus-Desember 2023 di PT Nuanza Porcelain Indonesia,” sambungnya.

Bagi Reynold, pendidikan itu penting untuk menumbuhkan mindset positif dalam menjalani hidup. “Bukan hanya tentang bagaimana memperoleh ilmu dan pengetahuan mengenai jurusan yang diambil, melainkan mengenai bagaimana mengembangkan cara berpikir dalam menghadapi hidup dan masalah. Selain itu, sebagai manusia yang termasuk makhluk sosial, sehingga hidup bersosialisasi sangatlah penting. Salah satu cara konkrit dalam mengembangkan sikap ini adalah melalui hidup berorganisasi,” ujarnya.

Dalam organisasi akan berdinamika dengan rekan, baik itu dengan yang satu angkatan maupun yang beda angkatan. Disinilah nantinya jadi belajar banyak bagaimana cara dalam memberikan treatment yang terbaik untuk setiap orang, bagaimana cara agar bisa menerima kekurangan orang lain dan membuat orang lain mampu menerima kekurangan diri ini, bagaimana cara dalam menyikapi dan menyelesaikan suatu masalah yang bisa saja terjadi dalam organisasi, baik itu permasalahan organisasi maupun internal tiap orangnya.

“Sehingga, saya berharap bahwa apabila teman-teman mengambil kesempatan dalam berorganisasi, bukan hanya ingin mencari pengalaman dalam manajemen waktu maupun meningkatkan kemampuan diri teman teman, melainkan saya berharap teman-teman bisa mengembangkan cara berdinamika dengan orang sekitar,” pesan Reynold.